Apresiasi Kemendagri, Malam Puncak Pagelaran Pesta Bhinneka Tunggal Ika

whatsapp-image-2022-07-05-at-14-22-19-1

Jakarta 27/6 – Dalam rangka menyemarakkan rangkaian acara memperingati Bulan Pancasila Tahun 2022 dan mendukung Gerakan Indonesia Bersatu sebagai wujud pembinaan penyelenggaraan pembauran kebangsaan dan pelestarian Bhinneka Tunggal Ika. Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia menggagas kegiatan Pagelaran Pesona Bhinneka Tunggal Ika Tahun 2022 dengan mengangkat Tema “Selaras Dalam Keberagaman, Serasi Dalam Ke-Bhinneka-an”, melakukan program sinergitas bekerjasama dengan para penggiat seni budaya. Jakarta, Minggu (26/06/2022).

Acara ini diselenggarakan selama dua hari pada hari Sabtu dan Minggu, 25 sampai 26 Juni 2022. Di Anjungan Pemerintah Provinsi Riau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Acara ini bertujuan untuk memelihara kerukunan nasional serta upaya dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah.

Selain para penggiat seni budaya, panitia bersama pagelaran pesona Bhinneka Tunggal Ika Tahun 2022 ini juga diisi oleh Bakesbangpol Provinsi DKI Jakarta, Forum Kesatuan Bangsa dan Politik (FPK) Provinsi DKI Jakarta dan FPK 5 Wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta, Badan Penghubung Pemeritah Provinsi Sumatera Utara, Riau dan Lampung, Anjungan Riau, dan seluruh Managemen pengelola TMII. Serta para pendukung dan pengisi acara yang sungguh luar biasa dan spektakuler.

bti-2Pagelaran Pesta Bhinneka Tunggal Ika ini menunjukkan makna Bhinneka Tunggal Ika dalam Persatuan Indonesia bahwa walaupun bangsa Indonesia yang beraneka ragam potensi bahasa, suku bangsa, seni budaya dan adat istiadat yang diharapkan menjadi kekuatan pemersatu bangsa serta dapat membangun dan menguatkan karakter bangsa yang berwawasan kebangsaan.

“Acara ini merupakan salah satu media bagi para penggiat seni dan budaya menampilkan karya dan kreatifitasnya dalam mengembangkan dan memperkenalkan seni dan budaya yang ada di seluruh nusantara”. Kutip Direktur Bina Ideologi Wawasan Keangsaan (BIKWK), Drajad Wisnu Setyawan mewakili Sekretaris Jenderal Kemendagri.

Dengan upaya tersebut diharapkan seni budaya yang merupakan khazanah bangsa Indonesia akan mampu eksis dan berkembang ditengah-tengah masuknya budaya dari manca negara dalam hal akses budaya.

“Jangan sampai, seni budaya Indonesia, tenggelam di bawah dominasi budaya dan kesenian asing”. Tandas Derajad.

Rangkaian acara ini menampilkan ragam kegiatan seperti : Talkshow Kebangsaan, Parade Musik dan Tari Nusantara, Peragaan Busana Nusantara, Dendang Nusantara, Baca Puisi/Pantun Kebangsaan, Senam Pembauran Kebangsaan, Festival Tari Anak Negeri, yang dimeriahkan Kuliner Nusantara dan Bazaar UMKM binaan Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Provinsi dan FPK DKI Jakarta, Badan Penghubung Daerah. Disiarkan secara nasional melalui live streaming YouTube: Ditjen Polpum Kemendagri dan serta diliput media Televisi Nasional (TVRI, MNC News, TV ONE, CNN) dan media online nasional.

Pagelaran ini mendapat sambutan positif dari Pemerintah Daerah dan sanggar seni budaya di daerah, terbukti dengan diikuti 60 tim seni budaya dari seluruh indonesia.

“Jika tidak dibatasi kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan selama dua hari melainkan bisa berlangsung 3-5 hari, walau belum masuk dalam dukungan anggaran program rutin”. Tambah Derajad.

“Harapanya sudah tentu Pagelaran Pesta Bhinneka Tunggal Ika Tahun 2022 terus berlanjut pada tahun berikutnya dan dapat menjadi program tahunan akbar seni budaya nusantara”. Ucap Drajad.

“Kepada kita semua mari bersama kita perkokoh persatuan dan kesatuan untuk membangun negeri ditengah kemajemukan bangsa Indonesia dengan semangat semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI”. Harap Drajad.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami ingin menitipkan harapan, khususnya kepada penggiat seni budaya dan pelaku pembauran kebangsaan, pengelola anjungan daerah, Forum Pembauran Kebangsaan di Jakarta dan di seluruh nusantara, agar konsisten menghidupkan dan melestarikan seni budaya yang ada, sehingga bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak.” Tutup Drajad.

https://polpum.kemendagri.go.id/apresiasi-kemendagri-malam-puncak-pagelaran-pesta-bhinneka-tunggal-ika/

#BerAKHLAK
#DiskominfoProvsu
#BadanPenghubungDaerahProvsu