Festival Kuliner Sumatera Utara 2018

kuliner-iconJakarta – TMII, Festival Kuliner Sumatera Utara kembali diselenggarakan dengan meriah di Anjungan Sumatera Utara Taman Mini Indonesia Indah pada hari Sabtu, 21 Juli 2018. Tak hanya dihadiri oleh para undangan, namun juga diramaikan oleh pengunjung yang merupakan turis domestik dan turis asing.

kuliner-2Festival Kuliner Sumatera Utara sebagai salah satu kegiatan dari Badan Penghubung Daerah Provinsi Sumatera Utara, bertujuan untuk memperkenalkan kuliner khas Sumatera Utara sebagai potensi wisata di Sumatera Utara. Makanan yang diperkenalkan dan festival ini adalah sebagian kecil dari kuliner khas yang ada di Sumatera Utara, diantaranya adalah Lontong Medan, Nasi Gurih, Roti Jala, Mie Rebus, Soto Medan, Lupis, Cakwe, Panukuk, Manisan Jambu, Lappet, Ombus-ombus dan banyak lagi.

Pada kesempatan ini, Badan Penghubung Daerah sekaligus meluncurkan buku berjudul “RASA” yang merupakan kumpulan kuliner khas Sumatera Utara. Buku “RASA” tersebut, diharapkan mampu menghimpun seluruh makanan, minuman, komoditi khas Sumatera Utara dan juga usaha penggiat kuliner yang ada di Sumatera Utara.

Selain peluncuran buku, Festival Kuliner Sumatera Utara juga dimeriahkan oleh penampilan paduan suara anak dengan lagu daerah Sumatera Utara, Group Band Go Rame yang banyak membawakan lagu-laguĀ  berbahasa Batak, penampilan Komunitas Ronggeng Deli, dan tarian Sumatera Utara. Acara dipandu oleh Herman Lunk, Retno dan Eva Gusmala yang sesekali melempar pantun ke penonton untuk menambah semarak acara.

kuliner-1a

Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan Festival Kuliner Sumatera Utara ini menjadi sarana promosi wisata kuliner Sumatera Utara untuk meningkatkan geliat pariwisata Sumatera Utara.