Gubernur Sumatera Utara Lepas Parade Kirab Taruna AAL

gubsu-lepas-parade-kirab-taruna-aal

Medan, 19/11 – Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi melepas parade Kirab Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Sabtu (19/11) di depan kantor Gubernur Sumut Jalan Dipenegoro Medan. Ribuan masyarakat dengan antusias menyaksikan kirab taruna AAL tigkat IV angkatan ke-62 di Medan.

Turut hadir dalam pelepasan Kirab Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan, SH, Kapolda Sumut Irjen Pol Ricko Amelza Daniel, beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sumut lainnya.

Kirab angkatan IV Taruna AAL ke-62 merupakan bagian dari kegiatan Latihan dan Praktek Jalayudha Tahun 2016 di Kota Medan.Kirab drum band Taruna AAL diikut 95 taruna dan taruni dan juga diikuti oleh barisan personil TNI, Polri dan pelajar setingkat SLTA.

Diawali dari pelepasan di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Diponegoro, kirab melintasi ruas-ruas Jalan Kota Medan kemudian berakhir di Lapangan Merdeka Medan.

Atraksi drumband yang dimainkan berupa genderang suling gita jala oleh taruna AAL mendapat menyita perhatian ribuan masyarakat yang dengan antusias memadati ruas jalan yang dilalui.

Pada kesempatan itu Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi secara simbolis menerima buku panduan bagi masyarakat pengguna laut saat beraktifitas di laut sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan di laut (zero accident). Ia mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bersama masyarakat khususnya masyarakat pengguna laut menyampaikan terima kasih kepada staf angkatan laut, panglima komando armada RI kawasan barat dan Komandan lantamal 1 atas penyerahan buku panduan berlayar dengan aman.

“Dengan buku ini masyarakat pengguna laut diminta untuk lebih cermat dan berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan,”jelas Gubernur Sumatera Utara.

Selain itu Gubernur Sumatera Utara juga mengucapkan dirgahayu armada Republik Indonesia yang jatuh tanggal 5 Desember mendatang. Kirab tersebut melibatkan seluruh armada angkatan laut dan juga angkatan darat serta sejumlah sekolah, yang starnya dimulai dari depan kantor Gubernur Sumatera Utara menuju lapangan Merdeka Medan.

Selain melaksanakan kirab, para taruna dan taruni AAL ini juga melaksanakan berbagai kegiatan selama berada di Kota Medan diantaranya pertemuan dengan pejabat daerah, latihan pendaratan oleh TAruna Korps Marinir dan melakukan kunjungan ke beberapa sekolah menengah diantaranya SMA Swasta Harapan Medan, SMAN 1 Medan,SMAN 3 dan SMA Panca Budi. Selanjutnya taruna AAL direncanakan menuju Kota Batam untuk melakukan kegiatan serupa.