Sanggar Matra Etnika Sumut Juara 1 dalam Festival Tari Tenun & Songket 2023

festival-tari-1JAKARTA, 7/10 – Festival Tari Tenun dan Songket 2023 dengan tema “Pemicu dan Peningkatan Kepedulian Terhadap Para Pengrajin Tenun Songket Indonesia”  yang diselenggarakan oleh Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah  bekerjasama dengan KADIIFA (Komuditas Fashion Art) pada tanggal 6-7 Oktober 2023 dengan memperebutkan Piala Gubernur Riau.

Festival Tari Tenun dan Songket 2023 merupakan rangkaian acara peringatan hari tenun nasional  yang akan digelar di GBK tanggal 25-29 November  2023.

Acara  ini dihadiri oleh beberapa Kepala Anjungan, FPK (Forum Pembauran Kebangsaan) Kasubanpol Jakarta Timur. Sanggar yang ikut berpastisapasi berasal dari Surabaya, Depok, Jambi, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Sejarah Tenun & songket. Kain tradisional atau wastra traditional Indonesia telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat nusantara sejak zaman prasejarah yang tak hanya menjadi seperangkat sandang dengan nilai fungsional. Kehadirannya telah terbukti menjadi perangkat sosial budaya yang menjadi bagian dari sejarah, penyandang perekonomian masyarakat, pengikat kekerabatan antar suku dan menjadi kebanggaan negeri mewarnai keragaman budaya Indonesia secara utuh.

festival-tari-2Selain Festival Songket ada Lomba Tari yang dibagi berdasarkan keompok Umur 9-13 Tahun, 14-17 Tahun dan 18-23 Tahun. Sanggar Matra Etnika Anjungan  Sumut yg berada di  Taman Mini Indonesia Indah  ikut berpartisipasi dalam lomba ini dan berhasil menjadi juara dalam kelompok usia 14 – 17 tahun.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumatera Utara Ichsanul Arifin Siregar , S.STP sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih Sanggar Matra Etnika Sumut yang meraih Juara I dalam lomba ini.

“Dengan semangat tersebut, diharapkan Sanggar Matra Etnika Sumut dapat menjaga keberlanjutan warisan budaya Sumatera Utara yang kaya dan tak ternilai harganya” Ujar Ichsanul.

Anak-anak Diklat Matra Etnika sudah berlatih selama 1 bulan bersama para pelatih untuk mempersiapkan lomba dan konsep atau materi tari yang di usung agar mendapatkan hasil yang terbaik demikian disampaikan oleh Kasubbid Fasilitasi Program Informasi dan Promosi Erwina Hasni Harahap, S.Sos, M. Tr. A.P.

Semoga Sanggar Matra Etnika di bawah bimbingan Kepala Badan Penghubung Sumut ke depan dapat lebih berprestasi  lagi.

#BerAKHLAK
#BanggaMelayani
#BadanPenghubungProvsu