Pembinaan Masyarakat: “Pelatihan Ecoprint yang ramah lingkungan“

JAKARTAeco-print-2, 16/2 – Program Pelayanan Penghubung, Kegiatan Pelaksanaan Pelayanan Penghubung, Sub Kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Pelayanan Penghubung Acara Pembinaan Masyarakat “Pelatihan Ecoprint yang ramah lingkungan“ Pada Tanggal 16 Februari 2023 bertempat di Hotel Sahira Butik, Paledang Bogor

Sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 yang menyatakan Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Penghubung mempedomani dan melaksanakan pembukaan UUD 1945 tersebut dengan membuat acara Pelatihan kepada masyarakat asal Sumut yang ada di Jakarta. Badan Penghubung Provsu merupakan salah satu OPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memiliki tugas pokok dan fungsi melaksanakan pembinaan masyarakat asal Sumut yang ada di Jakarta. Pembinaan masyarakat ini untuk meningkatkan potensi dan pengetahuan masyarakat agar dapat menjadi masyarakat yang kreatif dan mandiri.

eco-print-1Untuk tahun 2023 ini pelatihan yang dilaksanakan adalah pelatihan Ecoprint. Ecoprint adalah Teknik untuk pemberian warna dan motif pada suatu bahan kain yang dapat dibuat menjadi tas, syal, sarung bantal dan taplak meja. Ecoprint sangat baik untuk lingkungan dikarenakan bahan untuk pembuatan warna dan motif dengan bahan baku ramah lingkungan yaitu dedaunan yang tidak menghasilkan limbah.  Pemberian warna dengan bahan baku pabrikan sangat menganggu lingkungan karena limbah yang dihasilkan dan juga untuk pekerja pabriknya, sudah sangat bijak kita beralih ke bahan baku yang alami.

Pada pelatihan ini barang yang dihasilkan adalah taplak meja, sarung bantal dan tas belanja . Jumlah Peserta sebanyak 25 orang yang terdiri dari masyarakat yang mewakili dari kedelapan etnis yang ada di Sumatera Utara. Pada pelatihan ini sebagai narasumber dari Rumah Ecoprint Dangdaunan, masyarakat asal Sumut ini diajarkan mulai dari cara menempelkan, mengecho, mengukus, mengeringkan, menjadi bahan ecoprint serta menjahit menjadi suatu produk.

Saat sekarang ini masyarakat harus dilatih menjadi individu yang kreatif dan handal sehingga dapat menciptakan peluang-peluang kerja/usaha. Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk perhatian dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada masyarakat asal Sumut yang ada di Jakarta.

#BerAKHLAK
#BanggaMelayani
#BadanPenghubungDaerahProvsu