Gubsu Lantik Dewan Kesenian Sumut

lantikdwnkesenian2Medan, 8/3 – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap Pengurus Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU) yang baru saja dilantik akan menggaungkan dan memajukan kesenian Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini disampaikannya saat melantik Pengurus DKSU untuk periode 2017-2022 di Aula Raja Inal lantai 2 Kantor Gubsu, di Medan (8/3).

“Saat ini perkembangan teknologi komunikasi dan informasi sudah sangat canggih. DKSU diharapkan bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang canggih tersebut sebagai alat atau media untuk menggaungkan kesenian Sumut, “ kata Gubsu Erry Nuradi dalam sambutannya.

HT Erry Nuradi juga menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan kesenian di daerah ini. “Komitmen kuat ini kami buktikan dengan memberikan beberapa fasilitas untuk mendukung DKSU. Salah satunya, kantor DKSU yang telah disiapkan di Jalan Pancing. Operasional dan sebagainya akan disiapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum DKSU terpilih Baharuddin Saputra SH mengatakan akan berusaha untuk memenuhi harapan Gubsu. Dijelaskannya, bahwa ada beberapa program terdekat yang telah disiapkan DKSU untuk mencapai target tersebut, yakni merangkul seluruh kabupaten dan kota untuk membentuk dewan kesenian, menjangkau seluruh pekerja seni dan seniman se-Sumut, dan mengadakan kegiatan festival yang mempertunjukkan keberagaman etnis di Sumut.

“Memang dengan dikukuhkannya kami sebagai Pengurus DKSU oleh Bapak Gubernur, salah satu tugas berat kami adalah untuk mengangkat kembali potensi seni budaya yang ada di Sumut. Namun dengan moto bersinergi, visioner dan berpikir indah, kami DKSU yakin bisa majukan kesenian Sumut,” pungkas Baharuddin.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Hj Hidayati, Kepala Biro Humas dan Protokol Provsu Ilyas S Sitorus, Perwakilan dari Ketua DPRD Provsu, unsur Forkopimda, Ketua Umum Pertama DKSU H Jose Rizal Firdaus SH, para stakeholder pariwisata dan budaya, akademisi, praktisi, seniman, penggiat seni, pemerhati budaya dan budayawan.

(Humas Provsu)-(Riva)