Gelar Pekan Lebaran 2016

JAKARTA, SUMUTMEDIA.net – Anjungan Daerah Sumatera Utara Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar acara “Pekan Lebaran 2016” yang dimulai dari 7–17 Juli 2016. Pantauan Sumut Media, pengunjung meningkat selama Lebaran ini karena banyaknya warga yang memilih Anjungan Sumatera Utara Taman Mini Indonesia Indah sebagai pilihan alternatif untuk tujuan berwisata.

Rina Boru Ginting (40), mengaku bahwa libur Lebaran bersama keluarganya di Anjungan Daerah Sumatera Utara Taman Mini Indonesia Indah lebih mengasyikan, karena bisa sekaligus mengenalkan lebih dekat adat budaya Batak Karo kepada anak-anaknya.

“Kebetulan di Anjungan Sumut ada acara Rudang Mayang (Karo). Jadi pas sekali bisa berlibur dengan suasana musik Karo sembari anak-anak mengenal rumah adat Batak Karo,” kata Rina saat ditemui Sumut Media di Anjungan Daerah Sumatera Utara Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Jumat (8/7/2016).

Lebih lanjut Rina menjelaskan bahwa tak sedikit pengunjung yang hadir bukan saja orang Karo, tapi kebanyakan orang Sumatera Utara juga menikmati hiburan musik Karo tersebut.

“Banyak pengunjung orang Karo, tadi saya lihat mereka ikut menari di panggung. Tapi orang Batak Toba dan Melayu juga ikut berjoget ria beramai-ramai,” tuturnya.

Di sisi lain, Rina berharap agar masyarakat Sumatera Utara di perantauan di Jabodetabek meluangkan waktu liburannya di Anjungan Daerah Sumatera Utara Taman Mini Indonesia Indah. Sebab, menurutnya, selain untuk tujuan berlibur juga bisa mengenal lebih banyak potensi daerah asalnya.

“Sangat banyak benda-benda peninggalan sejarah yang bisa dilihat di Anjungan Daerah Sumatera Utara Taman Mini Indonesia Indah ini, dan semua suku atau puak lengkap, bahkan ada es cendol Medan (kuliner) khas Sumatera Utara,” ujar Rina.

Sementara itu, Kepala Anjungan Daerah Sumatera Utara Taman Mini Indonesia Indah Tatan Daniel menuturkan bahwa acara “Pekan Lebaran 2016” ini digelar untuk menyambut para pengunjung Taman Mini Indonesia Indah yang berdatangan dari berbagai wilayah.

Tatan menjelaskan, hari pertama acara “Pekan Lebaran 2016” yang digelar Kamis, 7 Juli 2016 itu disemarakkan oleh Maladi Entertainment dengan mengusung tema “Variety Show”.

“Ini hari kedua (8 Juli) acaranya Batak Karo yaitu Rudang Mayang. Pengunjung terus berdatangan, mereka datang bersama keluarga menikmati hiburan musik Batak Karo,” ujar Tatan.

Sementara itu, berdasarkan pantauan banyak pengunjung lebih tertarik menikmati tempat-tempat rumah adat dari beragam etnis di Sumatera Utara. Pengunjung antusias melihat seksama keindahan dari ukiran dan corak-corak yang melekat di setiap rumah adat tersebut.

“Foto rame-rame kalau dibelakangnya ada rumah Adat lebih berkesan dan unik,” kata Natalia Rajagukguk, salah satu pengunjung.

Adapun agenda kegiatan “Pekan Lebaran 2016” di Anjungan Daerah Sumatera Utara Taman Mini Indonesia Indah adalah sebagai berikut: Maladi Entertainment acara Variety Show (Kamis, 7 Juli), Rudang Mayang Batak Karo (Jumat, 8 Juli), Solu Bolon Batak Toba (Sabtu, 9 Juli), Komunitas Ronggeng Deli Melayu (Minggu, 10 Juli), Marsal Band Batak Simalungun (Sabtu, 16 Juli) dan terakhir Karmila Group/Ucok Baba Batak Mandailing, Minggu, 17 Juli 2016. (EDO)

 

pekanlebaran1

pekanlebaran2

pekanlebaran3